10 prinsip tentang SUN TZU yang bermanfaat dalam kehidupan sehari hari



SENI PERANG (AFT OF WAR)adalah karya militer klasik tertua dalam literatur cina.selain ajaran confucius, seni perang sun tzu adalah yang paling terkenal di luar cina.
   
  AFT OF WAR di perkenalkan di jepang sekitar tahun 716 - 735 masehi, baru seribu tahun kemudian, naskah monumental ini muncul di benua eropa, bertepatan saat benua biru itu meletakkan pijakan untuk mendominasi peradaban dunia,
  Baiklah langsung saja saya memaparkan 10 prinsip seni perang sun tzu yang bermanfaat dalam kehidupan sehari hari.




  1.  Seni perang sangat penting bagi negara menyangkut masalah hidup dan mati, satu  jalan menuju keselamatan atau kehancuran.
  2. .Kemenagan itu dapat di kenal tetapi tidak dapat di buat. 
  3. .Gesit seperti angin,lamban seperti hujan,menyerbu dan menjarah seperti api,tak          bergerak seperti gunung,sulit di kenal seperti yin, bergerak seperti guntur.
  4. .Komandan yang handal dalam perang meningkatkan pengaruh moral dan patuh          terhadap hukum serta peraturan,demikianlah ia berkuasa mengendalikan sukses.
  5. .Karena mereks tak dapat mendegar satu sama lain, mereka membuat genderang dari  lonceng,karna mereka tak dapat saling melihat, mereka membuat bendera serta          spanduk.
  6. .Pemerintah yang berfikir terbuka merencanakan degan baik, jendal yang baik              melaksanakan rencana tersebut.
  7. .Sang pemenang adalah mereka yang tahu menggunakan strategi langsung dan  strategi tidak langsung.
  8. .Kegesitan itu unggul, tunggangilah ketidak mampuan lawan,tempulah jalan yang tidak  di sangka-sangka, seranglah di mana dia tidak siap.
  9. .Semakin bayak perencanaan, semakin bayak peluang menang,semakin sedikit            perencanaan, semakin sedikit peluang menang, lantas, bagaimana jika  tanpa perencanaan sama sekali?
  10. .Bersekutulah dengan negara tetangga di daerah perbatasan.



         Nah itulah 10 prinsip seni perang sun tzu yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari baik dalam ilmu militer maupun berbisnis. semoga bermanfaat guys.''

Comments